Total Pageviews

Pages

Unknown On Monday, 15 July 2013

marina Mau share nih laporan business plan yang pernah saya buat untuk tantangan dari lomba Management Olympic National Expo yang diadakan oelh Universitas Airlangga. Dan alhamdulillah business plan ini berhasil membuat saya masuk ke babak final. Mungkin ini bisa membantu bagi agan yang mencari referensi untuk membuat laporan business plan. :)


BUSINESS PLAN
“THE GREAT PRODUCT FOR ENVIRONMENT”


ICE KULLAI

Marina Safitri
SURABAYA
2012




KATA PENGANTAR
Assalamualaikum wr wb
Puji syukur kehadirat Allah SWT atas berkah dan rahmatNya sehingga kami dapat menyelesaikan makalah bisnis plan  untuk mengikuti lomba Management Olympic National Chalange.
Makalah ini menjelaskan tentang suatu inovasi yang dapat diaplikasikan dalam perencanaan bisnis yang mana akan mengulas tentang pengaturan serta perencanaan pembuatan bisnis , dimana dalam hal tersebuat kami selaku penulis akan membuat sebuah makalah  untuk menyelesaikan masalah lingkungan yang terjadi pada limbah industry untuk membuat produk yang inovatif secara lebih detail, mandalam dan terperinci.
Tentunya makalah yang kami ajukan akan berpengaruh signifikan terhap pengaruh lingkungan serta ekosistem yang ada.
            Kami telah berupaya semaksimal mungkin untuk membuat makalah bisnis plan perencanaan ini. Namun, karena masih adanya keterbatasan pada kami, apabila ada kesalahan baik dalam penulisan maupun ulasanya kami selaku penulis mohon maaf.
            Walaupun masih terdapat kekurangan didalam program kami tetapi haruslah kami ucapkan terimakasih kepada
1.      Allah SWT.
2.      Kedua orang tua yang telah banyak memberi dukungan.
3.      VP managemen yang telah memberikan kesempatan kepada kami untuk membuat makalah bisnis plan demi kemajuan generasi bangsa yang kreatif dan inovatif.
            Kami menyedari bahwa makalah ini masih banyak kekurangan, oleh karena itu saran dan kritik positif untuk kemajuan produk yang kami buat dalam hal pengolahan lingkungan hidup akan lebih baik.

 Wassalamualaikum wr wb

Penulis
(Marina Safitri)




DAFTAR ISI
Cover
Kata pengantar
Daftar isi
BAB I:
PENDAHULUAN
1.1           Latar Belakang
1.2           Justifikasi Pemilihan Objek Usaha
1.3           Tujuan Business Plan

BAB II:
ANALISIS PRODUK
2.1 Jenis dan Nama Produk, Beserta Karakteristiknya
2.2 Keunggulan Produk, dibandingkan produk yang lainnya
2.3 Keterkaitan dengan yang lain

BAB III:
ANALISIS PASAR
3.1 Profil Konsumen
3.2 Potensi dan Segmentasi Pasar
3.3 Pesaing dan peluang Usaha
3.4 Media Promosi
3.5 Target dan Rencana Penjualan 1 Tahun
3.6 Strategi Pemasaran yang Akan Diterapkan

BAB IV:
ANALISIS PRODUKSI
4.1 Bahan Baku, Bahan Pendukung, Perlengkapan atau Peralatan
4.2 kandungan bahan baku
4.3 Proses Produksi dan Waktu Penyelesaian
4.34 Dokumentasi

BAB V:
ANALISIS KEUANGAN
5.1 Investasi yang Diperlukan dan Sumbernya
5.2 Rencana Neraca Awal
5.3 Rencana Laporan Laba/Rugi




BAB 1
PENDAHULUAN
1.1  Latar Belakang
Jika mendengar kata “limbah” sebagian besar masyarakat menilai bahwa itu adalah benda yang kotor dan tidak berguna. Setiap limbah yang dihasilkan pada proses produksi tentunya berpotensi mencemari lingkungan. Bisa kita bayangkan berapa banyak perindustrian di Indonesia yang setiap produksinya menghasilkan limbah yang nantinya limbah tersebut akan dibuang. Ada beberapa perusahaan industri yang memang melakukan proses untuk menjadikan limbah yang dihasilkan menjadi molekul yang tidak berbahaya ?. Akan tetapi tidak sedikit juga industri kecil yang membuang limbah hasil produksi langsung ke sungai tanpa memprosesnya lagi. Seperti industri produksi tahu dan tempe yang kami temui di sekitar jalan di daerah Surabaya utara. Hanya sedikit kulit kedelai yang digunakan untuk Kulit kedelai sebagai limbah yang dihasilkan dalam produksi tahu dan tempe dibuang begitu saja di sungai yang mengakibatkan air sungai tidak mengalir dengan lancar akibat limbah yang dihasilkan.
Melihat keadaan tersebut tentunya kami mencoba mencari jalan keluar dari permasalahan yang ada. Tidak semua limbah harus dibuang walaupun telah dilakukan proses untuk menghancurkannya menjadi molekul kecil agar tidak mencemari lingkungan. Beberapa orang yang sadar akan kelestarian lingkungan telah melakukan pemanfaatan berbagai limbah baik dari rumah tangga maupun dari pabrik srta industri. Seperti halnya pemanfaatan limbah plastik kemasan menjadi berbagai kerajinan tangan berupa tas, dompet dan lain sebagainya.
Dalam hal ini kami memiliki pemikiran yang berbeda. Kami membuat sebuah produk makanan dari limbah kedelai dari proses produksi industri tahu dan tempe yaitu berupa ice cream.Bagian yang kami manfaatkan dalam produki ini adalah kulit ari kedelai hasil produksi tahu dan tempe yang didak dimanfaatkan lagi. Seperti yang kita ketahui, ice cream adalah salah satu produk yang digemari oleh berbagai kalangan mulai dari anak-anak, remaja, hingga dewasa. Kandungan dari ice cream yang berbahan baku dari limbah kedelai (kulit kedelai) ini sangatlah bernutrisi dan berasal dari bahan-bahan alami yang sangatlah baik untuk kesehatan. Dengan adanya produk yang alami ini dapat mengurangi resiko untuk terserang penyakit karena maraknya bahan-bahan kimia yang saat ini beredar. Produk ini memiliki tiga farina rasa yaitu Ice Kullai Kujer (kulit Jeruk), Ice Kullai Kumang (kulit mangga), Ice Kullai Kujam (kulit jambu).
Selain itu dengan adanya produk ini kita secara tidak langsung melibatkan konsumen untuk menyelamatkan lingkungan. Secara tidak langsung juga bisnis ini mengandung strategi sosialisasi pelestarian alam yang jitu karena akan menarik perhatian public tentang pemanfaatan limbah. Tentu saja dengan adanya produk ini akan melahirkan inovasi – inovasi baru tentang pemanfaatan limbah.
Dengan berbagai alasan tersebut, kami mengajukan sebuah inovasi bisnis plan yang sangat berpengaruh pada pelestarian alam yang selanjutnya kami beri nama “ICE CREAM KULLAI” yang bertitik tolak pada pemanfaatan limbah produksi tahu dan tempe, yang juga dibuat untuk memenuhi syarat perlombaan Management Olympic National Challenge 2012 tahap ke dua.

1.2  Justifikasi Pemilihan Objek Usaha
Kami memilih “Ice Kullai” sebagai produk kami didasarkan oleh beberapa pertimbangan yakni :
1.2.1        berpusat pada pemanfaatan limbah industry produksi tahu dan tempe. Dengan bahan baku tersebut tentunya dapat menekan pengeluaran dalam bisnis produk ini sehingga keuntungan yang didapatkan juga semakin meningkat.
1.2.2         Ice cream merupakan salah satu makanan yang sangat digemari oleh semua kalangan, oleh sebeb itu mangsa pasar dalam produk kami juga sangat menjanjikan.
1.2.3        Maraknya jajanan yang tidak sehat dan bahan dasarnya yang  banyak mengandung bahan kimia, itulah yang membuat kami bersimpati dan berkeinginan membuat produk dari bahan dasar yang alami serta menyehatkan.
1.2.4        Pemanfaatan limbah industry tersebut juga sebagai langkah kami sebagai generasi muda yang ikut berpartisipasi dalam penyelamatan dan pelestarian lingkungan.

1.3  Tujuan Business plan
1.3.1        Pemanfaatan limbah industry produksi tahu dan tempe berupa kulit kedelai sebagai bahan baku bussines plan.
1.3.2        Untuk mencari keuntungan semaksimal mungkin dengan pengorbanan sekecil mungkin sesuai dengan prinsip ekonomi.
1.3.3        Untuk menarik perhatian konsumen dengan tujuan menciptakan inovasi baru pada produk ice cream dengan bahan bakunya yang berupa limbah.
1.3.4        Memberikan produk olahan terobosan berbahan dasar limbah nanum menyehatkan bagi konsumen.
1.3.5        Untuk melakukan sosialisasi secara tidak langsung dengan mengajak konsumen untuk ikut serta dalam  pemanfaatan limbah yang ada di sekitar dan ikut dalam pelestarian lingkungan.




BAB II
ANALISIS PRODUK
2.1  Jenis dan Nama Produk, dan Karakteristiknya
2.1.1 Jenis produk
Jenis produk pada business plan ini adalah produk makanan berupa ice cream

2.1.2        Nama Produk             
Nama produk kami yaitu “Ice Cream Kullai” yang merupakan singkatan dari ice cream “kulit kedelai”

2.1.3        Karakteristik   :
2.1.3.1    Bahan baku berasal dari limbah kedelai (kulit kedelai)
2.1.3.2   Kandungan nutrisi dalam kulit kedelai sehingga menjadikan ice                             cream Kullai sebagai ice cream alami yang menyehatkan.

2.2      keunggulan produk
Dalam produk yang kami buat, kami memiliki keunggulan-keunggulan yang belum tentu dimiliki oleh produk yang lain diantaranya :
2.2.1 Bahan dasar yang kami gunakan tentunya sangat berbeda dengan produk-produk sebelumnya yang telah ada, yaitu dari limbah hasil pengolahan industry tahu dan tempe.
2.2.2 setiap produk yang kami buat tentunya perperan terhadap perbaikan ekosistem lingkungan alam guna menyelamatkan lingkungan kita.
2.2.3 mengajak konsumen secara tidak langsung untuk turut ikut serta dalam pelestarian lingkungan.
2.2.4 Baik dari rasa sampai penampilan kami meberikan inovasi-inovasi dari produk-produk yang sudah ada.
2.2.5 walaupun dari limbah hasil industry kami menjamin isi kandunagn bahan dasarnya yang pasti aman untuk dikonsumsi untuk semua kalangan.
2.2.6 Tidak hanya sekedar aman, namun bahan dasar produk kami juga mempunyai kandungan-kandungan yang mana itu sangat diperlukan oleh tubuh.
2.2.7 (manfaat ice cream)
2.3 keterkaitan dengan yang lain
Produk Ice Kulla sangatlah berkaitan dengan lingkungan mengingat produk ini adalah salah satu produk yang ramah lingkungan dan terbuat dari bahan-bahan yang alami.




BAB III
ANALISIS PASAR
3.1 Profil Konsumen
Target konsumen dalam produk kami ini adalah
3.1.1 anak-anak
Dalam hal ini anak-anak TK sampai SD menjadi salah satu segmen sasaran konsumen produk ini. Hal yang membuat yakin bahwa ini termasuk dalam konsumen yang menjanjikan adalah :
3.1.1.1 anak-anak cenderung menyukai makanan yang manis dan menarik seperti ice cream.
3.1.1.2 produk ini aman dikonsumsi oleh anak-anak, sehingga para orang tua tidak perlu khawatir terhadap jajan anak-anaknya.
3.1.2 Remaja
Remaja sebagai target produk ini meliputi pelajar SMP-SMA, berdasarkan beberapa alasan yaitu:
3.1.2.1  8 dari 10 remaja yang kami wawancarai menyukai ice cream. Mereka berpendapat bahwa ice cream merupakan jajanan yang sangat enak,higienis dan sangat terjangkau.
3.1.2.2 produk ini biasa dijadikan rujukan daftar jajanan bagi para remaja, karena Ice cream dapat menenangkan diri, hal ini dapat membantu para remaja dalam meringankan beban masalah.
3.1.3 Dewasa
Dewasa sebagai target produk ini meliputi mahasiswa dan masyarakat umum. Masyarakat umum yang kami maksud ialah pada semua golongan, baik menengah keatas maupun menengah ke bawah hal tersebut dikarenakan:
3.1.3.1 harga yang terjangkau bagi semua kalangan.
3.1.3.2 selain harga yang terjangkau, rasa dan penampilannya juga tidak kalah dengan produk yang lain.




3.2 Potensi dan Segmentasi Pasar
Tentusaja dalam hal ini produk Ice Cream Kulai  memiliki potensi pasar  yang sangatlah menjanjikan mengingat ini adalah salah satu produk makanan yang siap saji untuk dikonsumsi. Selain itu ada beberapa hal yang membuat produk ini menjanjikan di pasaran ditinjau dari beberapa hal yaitu :
3.2.1 Harga
Harga yang kami tawarkan sangatlah terjangkau. Produk Ice Cream Kulai ini termasuk produk yang harganya dapat dijangkau bagi semua kalangan.
3.2.2 Waktu
3.2.2.1 Bahan dasar
Oleh karena produk ini termasuk produk olahan yang menggantungkan bahan dasar utamanya dari limbah industry tahu dan tempe yanag jumlahnya sangatlah banyak terutama di Surabaya. Oleh karenanya kami tidak akan kesulitan untuk memperoleh bahan dasar utamanya.
3.2.2.2 waktu penjualan
Dikarenakan Indonesia termasuk Negara yang beriklim tropis, oleh sebab itu makanan yang dingin dan manis merupakan makanan yang menjadi favorit yang dicari oleh pasar.
3.2.3 Lingkungan
Ditinjau dari segi lingkungan otomatis produk yanag kamai buat ini adalah salah satu produk yang ramah lingkungan mengingat produk ini termasuk salah satubproduk yang mengandalkan limbah hasil industry sebagai bahan dasar utamanya.
3.2.4 Penampilan fisik
Melihat ligo yang telah kami buat, tentunya kami sangat yakin akan menarik banyak konsumen dari semua kalangan karena keunikan logonya serta penampilan luar kemasan Ice Cream Kulai tersebut.
3.2.5 Rasa
Dari segi rasa produk Ice Cream kulai ini tidak kalah enak dan sedapnya ketimbang produk olahan Ice Cream yang lain meiliahat bahan dasar yang kami gunakan sangatlah alami dan tidak menganduk ataupun menambahkan bahan kimia yang tidak baik untuk kesehatan sehingga aman dikonsumsi.Ice Kulai ini memiliki 3 farian rasa yaitu Kullai Kujer, Kullai Kumang, Kullai Kujam

3.3 Pesaing dan Peluang Usaha
3.3.1 Pesaing Usaha
Di Indonesia khususnya di Surabaya produk-produk olahan dari berbagai macam bahan dasar yang dibuat Ice Cream sangatlah beragam. Mulai dari produk olahan Ice Cream dari perusahaan yang sudah besar sampai industry rumah tangga.
Contoh-contoh Ice Cream dari Perusahaan yang sudah besar :
3.3.1.1 Ice cream Walls
3.3.1.2 Ice cream Campina
3.3.1.3 Ice cream
Contoh-contoh Ice Cream dari industry rumah tangga :
3.3.1.6 Ice cream Kulit pisang
3.3.2 Peluang Usaha
Peluang usaha dalam pembuatan produk ini sangatlah menjanjikan, hal ini biasa terjadi apabila memiliki strategi pemasaran yang tepat dalam menarik konsumen
3.4 Media Promosi
Untuk mencapai target penjualan yang maksimum,  kami memiliki beberapa strategi romosi diantaranya yaitu :
3.4.1        Media promosi via internet
Seperti yang telah kita ketahui  promosi  melalui media internet telah terbukti paling efektif untuk memperkenalkan suatu produk mengingat modernisasi yang hampir menyentuh seluruh lapisan masyarakat. Beberapa situs internet yang akan kami gunakan sebagai media promosi yaitu :
            3.4.1.1 social network, seperti facebook, twitter, dan blackberry messanger
Mengingat sebagian besar penduduk di Indonesia memiliki akun di jejaring social, maka diperkirakan akan  banyak masyarakat yang akan melihat iklan produk ice cream kullai ini sehingga tertarik dan akhirya membeli produk ini.
            3.4.1.2 pengenalan produk via blog.
 Setelah masyarakat mendengar produk kami baik dari jejaring social maupun dari mulut ke mulut, maka masyarakat akan mencari informasi tentang ice cream kullai tersebut. Tentunya kami menyajikan keunggulan termasuk kandungan nutrisi dari produk ini sehingga masyarakat menjadi lebih yakin terhadap produk Ice cream kullai. Dengan demikian maka akan ada pelanggan tetap dari produk Ice Kullai
3.4.1.3Mendaftarkan produk Ice Kullai dalam situs bisnis online
Dengan cara ini, akan lebih banyak menarik konsumen baik di dalam kota maupun luar kota mengingat konsumen mencari berbagai konsumsi yang unik dan menarik dari situs ini. Situs bisnis online yang digunakan seperti www.bisnisgoonline.com, www.kapanlagi.com . Dalam situs ini tidak dikenakan biaya dalam promosinya, hanya perlu menjadi member dari situs ini. Dengan demikian maka akan memperkecil beban biaya untuk promosi.

3.4.2  Media promosi secara langsung
Strategi promosi ini bertujuan untuk memperkenalkan secara langsung produk ice kullai pada masyarakat. Target utama dalam media promosi ini adalah pelajar di SMA Kompleks Surabaya mengingat kami juga merupakan pelajar dari salah satu SMA kompleks di Surabaya. Strategi awal kami yaitu dengan menitipkan beberapa produk ice kullai di kantin kantin sekolah dengan nama, tampilan dan juga rasa yang enak yang sesuai dengan lidah para remaja. Tidak hanya itu, presentasi secara langsung dari 1 orang ke orang lainnya baik dari segi bahan baku, proses, kandungan, keunggulan dan hal lain yang sekiranya ingin diketahui oleh para konsumen.

3.4.3        Media promosi via brosur
Untuk mempromosikan produk ini, kami juga menyediakan brosur yang berisi tentang ice kullai yang meliputi : Keunggulan ice kullai dari ice cream lain, ciri khas ice kullai, nutrisi yang terkandung di dalamnya, dan lain-lain. Tidak lupa juga beberapa nomer telepon serta situs media di internet yang bisa dihubungi untuk menjadi pelanggan pada produk ice cream kullai ini. Brosur ini ditempelkan di tempat-tempat umum yang strategis. Selain itu brosur ini juga disediakan di setiap kantin sekolah yang menjual produk ice cream kullai sehingga para pelajar yang nantinya tertarik pada produk ice cream kullai akan dapat secara langsung menghubungi pihak kami bilamana mereka membutuhkan produk kami untuk pesta atau acara lainnya. Tentunya strategi ini juga akan meningkatkan produksi produk ice kullai.

3.4.4        Slogan jitu untuk menarik konsumen
Mengingat produk ice kullai sangatlah erat hubungannya degan alam yang sangat membantu kelestarian alam dengan metode pemanfaatan limbah lingkungan produksi tahu dan tempe, maka di setiap produk ice kullai, akan dicantumkan slogan yang menarik untuk para konsumen. Yaitu “1 CUP UNTUK SELAMATKAN LINGKUNGANMU”. Strategi ini tentunya akan sangat menarik konsumen yang nantinya akan meningkatkan jumlah produksi.

3.5 Target dan Rencana Penjualan 1 tahun
Dalam menjalankan produksi, tentunya diperlukan target penjualan yang harus dicapai guna mendapatkan laba dalam proses produksi, baik dalam jangka pendek maupun jangka panjang. “Jangka waktu perencanaan, sebenarnya hanyalah aspek-aspek yang berbeda dari masalah dasar yang sama. Yaitu mendapatkan hasil (output) dari masukan (input) secara efisien  . Perbedaannya terletak pada apa yang mungkin diubah oleh suatu perusahaan(Steiner, Peter et al,1987). Ada beberapa target yang perlu dicapai dalam menjalankan bisnis ini diantaranya :
3.5.1 Target penjualan
Untuk menentukan target penjualan tentu diperlukan analisa “break even point” untuk mengetahui masa impas biaya produksi dan penjualan sehingga diketahui target minimal yang harus dicapai agar dalam produksi mendapatkan keuntungan yang diinginkan. Pengertian analisa break even point menurut Sigit (1993, p. 2) adalah suatu cara atau suatu teknik yang digunakan oleh seorang petugas atau manajer perusahaan untuk mengetahui pada volume (jumlah) penjualan dan volume produksi berapakah perusahaan yang bersangkutan tidak menderita kerugian dan tidak pula memperoleh laba.

BEP =
Keterangan :
Fixed cost :     1. Biaya upah karyawan                                  : Rp. 1000.000,00
                        2. Biaya alat produksi                                     : Rp. 5.500.000,00
                        3. Biaya pajak                                                             : Rp. 500.000,00
                                                                                               
                                                                                                Rp. 7.000.000,00

Variabel cost : 1. Biaya bahan baku (100 cup)                       : Rp. 180.000,00
                      
     
                                                                                                 Rp. 180.000,00 : 100
                                                                                                = 1800

BEP =  = 35.000 unit                           target minimal
3.5.2 Target Pengembangan Usaha
Target Pengembangan Usaha Ice Cream Kullai ini jika telah mampu menembus pasaran yakni dengan melakukan ekspansi perusahaan diantaranya :3.5.2.1 Penambahan Mesin
            Penambahan mesin ini berguna untuk menghasilkan produksi yang lebuih banyak dalam waktu yang lebih cepat pula. Dengan demikian akan lebih mengefisiensi waktu dan tenaga kerja serta dapat lebih meningkatkan pelayanan dalam penjualan.
3.5.2.2 Penambahan Tenaga Kerja
Untuk melakukan ekspansi perusahaan tentu juga diperlukan tenaga kerja tambahan khususnya di bidang marketing. Jika suatu perusahaan memiliki marketing yang jujur dan produktif maka perusahaan tersebut dapat dengan mudah mencapai target dengan cepat dan efisien.
3.5.2.3 Memperluas daerah pemasaran
Dengan mengandalkan tenaga kerja di bidang marketing, tentunya perusahaan dapat memperluas daerah pemasarannya hingga ke luar negeri dengan mudah selain dengan bantuan media internet. Target inilah yang ingin dicapai dalam menjalankan usaha Ice cream Ice Kullai.
3.4  Strategi pemasaran
Yang kami lakukan untuk menembuas pemasaran  nasional yaitu dengan:
3.4.1        pendekatan dengan konsumen
3.4.2        pemasaran produk melaluli media masa baik baik cetak maupun non cetak
3.4.3        pemberian diskon terhadap pembelian tertentu (miniman 20 unit)
3.4.4        pemberian kartu member bagi setiap pelanggan.
3.4.5        Pemberian member terhadap setiap distributor yang menjadi partner kerja.




BAB IV
ANALISIS PRODUK

4.1 Bahan baku, Bahan pendukung, peralatan
4.1.1 Bahan Baku
Untuk produk Ice Cream Kulai ini kami membutuhkan beberapa bahan selain bahan utama yang berasal dari limbah industry.

Untuk pembuatan 100 cup ice cream

No
Nama Bahan
Jumlah Bahan
1.
Kulit ari kedelai
3000 gr
2
Telur
20
3.
Maizena
2 bungkus
4.
Gula
2000 gr
5.
Air
7000 ml
6.
Vanili
10
7.
Pandan
10 helai

4.1.2 Peralatan

Alat-alat yang dibutuhkan untuk menunjang pembuatan poduk Ice cream Kulai ini adalah :

No
Nama Alat
Jumlah
1.
Panci
3 unit
2.
Blander
1 unit
3.
Baskom
1 unit
4.
Mangkok
6 unit
5.
Pengaduk
3 unit
6.
Mixer
1 unit
7.
Lemari Es
1 unit



4.2 Kandungan bahan baku

4.2.1 kulit ari kedelai
Komponen
Jumlah (gram/100 gram)
Selulosa
14-25 gram
Pektin
14-20 gram
Protein
10-12 gram
Abu
4-5 gram
Lignin
3-4 gram







Tabel 1. Data Statistik Kandungan Kulit Kedelai
Sumber : Mullin and Xu (2001)


4.2.2 Telur
(100 garam, 2 butir telur ayam kampung).
Zat gizi
Telur Ayam
Kalori (kcal)
162
Protein (gr)
12,8
Lemak (gr)
11,5
Karbohidrat (gr)
0,7
Thiamim (mg)
0,10
Vitamin A (SI)
900













4.3  Proses Produksi dan Waktu Penyelesaian

4.2.1 Proses Produksi

SIKLIUS PEMBUATAN DAN PRODUKSI

Siapkan alat dan bahan

Masak hingga kalis

Haluskan kulit ari kedelai menggunakan blander

Campurkan semua bahan utama

Kulit ari kedelai

Tepung maizena

Telur

Gula

Haluskan dengan blander

Campurkan setiap perasa dari limbah dengan adonan bahan utrama

Pembuatan perasa dari limbah kulit

Kulit jeruk

Kulit mangga

Kulit jambu

Ambil masing-masing kulit yang sudah tidak terpakai

Cuci kulit dengan bersih

Cuci kulit ari kedelai

Tuang kedalam setiap cup
                                                                                                                                                                                   

4.3.2 Waktu Penyelesaian
Waktu yang dibutuhkan untuk pembuatan Ice Kullai mualai dari awal sampai akhir sekitar 1 jam atau setara dengan 60 menit. Sangat sebentar dan tidak membutuhkan waktu yang lama.


4.4 Dokumentasi
4.4.1 persiapan alat dan bahan
4.4.2 Penghancuran bahan hingga menjadi bubur
4.4.3 Pencampuran bahan baku
4.4.4 pemasakan bahan baku
4.4.5 hasil akhir

   

BAB V
ANALISIS KEUANGAN

5.1 Investasi yang diperlukan dan Sumbernya
Investasi tentunya sangat dibutuhkan untuk mendukung perkembangan usaha Ice cream Kullai

No
Investasi
Sumber
1.
Mesin Pendingin
Modal pribadi
2.
Mesin Pembuat es
Pinjaman Bank
3.
Komputer
Pinjaman Bnk
4.
Telepon Seluler
Modal pribadi
5.
Mobil
Modal pribadi
6.
Gedung
Modal pribadi












5.2 Rencana Neraca Awal
Berikut ini merupakan berbagai sumber dan penggunaan kas yang selanjutnya akan dibukukan dalam neraca
No
Ket
Kas
Bank
Persediaan
Inventaris
Hutang Bank
Serba-serbi


D
K
D
K
D
K
D
K
D
K
D
K
1
Saldo kas
 Rp    5.000.000











2
Saldo bank


 Rp  1.500.000









3
Pinjaman bank
 Rp  25.000.000








 Rp  25.000.000


4
Mesin Pendingin

 Rp    4.000.000




 Rp    4.000.000





5
Mesin pembuat es

 Rp    1.500.000




 Rp    1.500.000





6
Telepon selular

 Rp    1.500.000




 Rp    1.500.000





7
Komputer

 Rp    7.000.000




 Rp    7.000.000





8
limbah kedelai

 Rp          25.000


 Rp    25.000







9
tepung maizena

 Rp             7.000


 Rp      7.000







10
Vanili

 Rp          10.000


 Rp    10.000







11
Telur

 Rp          30.000


 Rp    30.000







12
Gula

 Rp          50.000


 Rp    50.000







13
listrik dan air

 Rp          20.000


 Rp    20.000







14
Cup ice cream

 Rp          10.000








 Rp  10.000

















 Rp  30.000.000
 Rp  14.152.000
 Rp  1.500.000
 Rp                   -
 Rp  142.000
 Rp               -
 Rp  14.000.000
 Rp                     -
 Rp                      -
 Rp  25.000.000
 Rp  10.000
 Rp              -

Saldo

 Rp  15.848.000

 Rp  1.500.000

 Rp  142.000

 Rp  14.000.000
 Rp  25.000.000


 Rp   10.000


 Rp  30.000.000
 Rp  30.000.000
 Rp  1.500.000
 Rp  1.500.000
 Rp  142.000
 Rp  142.000
 Rp  14.000.000
 Rp  14.000.000
 Rp  25.000.000
 Rp  25.000.000
 Rp  10.000
 Rp   10.000
















              NERACA PER  31 DESEMBER 2012
AKTIVA

PASSIVA
NO
KETERANGAN
JUMLAH

NO
KETERANGAN
JUMLAH








Aktiva Lancar :



Hutang Lancar :

1
Kas
            30.000.000,00

9
Hutang Bank
            25.000.000,00
2
Bank
              1.500.000,00


Bunga bank
              2.500.000,00
3
Persediaan
                 142.000,00




4
Inventaris
            14.000.000,00



5
Serba-serbi
                   10.000,00


Modal :





10
Modal Usaha
            43.152.000,00







Aktiva Tetap :





Mobil
            20.000.000,00





Gedung
              5.000.000,00













            70.652.000,00



            70.652.000,00




5.3 Laporan Rugi laba

Biaya produksi = 142.000/ 100 cup
Biaya produksi 40.000 cup (target penjualan BEP min 35000 unit)
  x 142.000 = 56.800.000
Hasil penjualan 40.000 cup = 40.000 x 2000 = 80.000.000                                                    
Laba = Rp.80.000.000,00- Rp.56.800.000,00 = Rp. 23.200.000,00














{ 13 comments... read them below or Comment }

  1. silahkan comot , jangan lupa kasih sumbernya yaa, thankss ^^

    ReplyDelete
  2. yuhuuu referensinya lengkap banget...pas dah ama tugas ku '^' makasi banget ya kak uda share.....oke ntar aku jadiin daftar pustaka di makalahku ya :D

    ReplyDelete
  3. makasih ka udh kasih inspirasi utk tugas kuliahku,,,
    salam dari leni yaa..
    tenang nanti aku lampirkan dftar pustaka ka di dlm tgs aku..

    ReplyDelete
  4. maksih materinya bagus bnget
    jngan lupa juga mampir ke web kami www.fahnik.com innfo kesehatan dan perawatan kulit

    ReplyDelete
  5. makasikak, materinya bagus banget, alhamdulillah bisa nambah inspirasi buat tugas kuliah

    ReplyDelete
  6. nice post, emang deh kita ga bisa mandang rendah laporan bisnis. soalnya manfaat laporan bisnis itu berguna banget buat pertumbuhan bisnis.

    ReplyDelete
  7. Halo Semua Selamat Datang di Kantor Keuangan James Althouse, apakah Anda membutuhkan pinjaman untuk pencarian bisnis atau keperluan pribadi tidak lebih karena kami di sini untuk memberikan Anda jumlah pinjaman yang Anda butuhkan dengan tingkat bunga serendah 2% James Althouse Finance Perusahaan ada di sini untuk membantu Anda, yang perlu Anda lakukan adalah mengirimkan kepada kami informasi di bawah ini melalui email kami untuk memulai aplikasi pinjaman Anda.

    DATA APLIKASI
    1) Nama Lengkap:
    2) Alamat:
    3) Seks:
    4) status perkawinan:
    5) Bekerja:
    6) Nomor Telepon:
    7) Posisi saat ini di tempat kerja:
    8) penghasilan bulanan:
    9) jumlah pinjaman yang dibutuhkan:
    10) Durasi:
    11) Pinjaman Bunga:
    12) Agama:
    13) Sudahkah Anda melamar sebelumnya:
    14) Tanggal lahir:

    Terima kasih.

    JAMES ALTHOUSE
    E-mail: jamesalthousefinancefirm@gmail.com
    whatsapp: +1 (503) 882-0085

    ReplyDelete
  8. tabel neracanya kepotong, gak full

    ReplyDelete
  9. alhamdulillah terimakasih yah ilmunya semoga bermanfaat

    ReplyDelete
  10. Apakah Anda mengalami kesulitan keuangan atau Anda ingin memenuhi impian Anda dengan dana?
    Apakah Anda memerlukan pinjaman untuk melunasi tagihan Anda, Memulai atau mengembangkan bisnis Anda?
    Apakah Anda mengalami kesulitan mendapatkan pinjaman dari Pemberi Pinjaman atau Bank karena tingginya biaya / persyaratan pinjaman?
    Apakah Anda memerlukan pinjaman untuk alasan yang sah?
    Kemudian khawatir kami datang untuk menawarkan pinjaman kepada pelamar yang tertarik baik lokal maupun luar negeri tidak peduli jenis kelamin atau lokasi tetapi usia harus 18 tahun ke atas.
    Kembali kepada kami untuk negosiasi tentang jumlah yang Anda butuhkan akan menjadi keputusan yang bijaksana.
    JENIS PINJAMAN KAMI
    Pinjaman ini dibuat untuk membantu klien kami secara finansial, dengan tujuan mengurangi beban finansial. Untuk alasan apa pun, pelanggan dapat menemukan rencana pinjaman yang sesuai dari perusahaan kami yang memenuhi persyaratan keuangan.

    Data pelamar:
    1) Nama Lengkap:
    2) Negara
    3) Alamat:
    4) Jenis Kelamin:
    5) Pekerjaan:
    6) Nomor telepon:
    7) Posisi saat ini di tempat kerja:
    8 Pendapatan bulanan:
    9) Jumlah pinjaman yang dibutuhkan:
    10) Jangka waktu pinjaman:
    11) Apakah Anda pernah melamar sebelumnya:
    12) Tanggal Lahir:
    Hubungi perusahaan pinjaman Gloria S melalui email:
    {gloriasloancompany@gmail.com} atau
    Nomor WhatsApp: +1 (815) 427-9002
    Nomor Perwakilan Indonesia: +6288286919466
    Salam Hormat

    ReplyDelete

Powered by Blogger.