-
- Home »
- business plan »
- Contoh Laporan Bisnis Plan
Unknown
On Monday, 15 July 2013
marina Mau share nih laporan business plan yang pernah saya buat untuk tantangan dari lomba Management Olympic National Expo yang diadakan oelh Universitas Airlangga. Dan alhamdulillah business plan ini berhasil membuat saya masuk ke babak final. Mungkin ini bisa membantu bagi agan yang mencari referensi untuk membuat laporan business plan. :)
BUSINESS
PLAN
“THE
GREAT PRODUCT FOR ENVIRONMENT”
ICE KULLAI
Marina Safitri
SURABAYA
2012
KATA
PENGANTAR
Assalamualaikum
wr wb
Puji
syukur kehadirat Allah SWT atas berkah dan rahmatNya sehingga kami dapat menyelesaikan
makalah bisnis plan untuk mengikuti
lomba Management Olympic National Chalange.
Makalah
ini menjelaskan tentang suatu inovasi yang dapat diaplikasikan dalam
perencanaan bisnis yang mana akan mengulas tentang pengaturan serta perencanaan
pembuatan bisnis , dimana dalam hal tersebuat kami selaku penulis akan membuat
sebuah makalah untuk menyelesaikan
masalah lingkungan yang terjadi pada limbah industry untuk membuat produk yang
inovatif secara lebih detail, mandalam dan terperinci.
Tentunya makalah yang kami ajukan akan berpengaruh
signifikan terhap pengaruh lingkungan serta ekosistem yang ada.
Kami telah berupaya semaksimal
mungkin untuk membuat makalah bisnis plan perencanaan ini. Namun, karena masih
adanya keterbatasan pada kami, apabila ada kesalahan baik dalam penulisan maupun
ulasanya kami selaku penulis mohon maaf.
Walaupun masih terdapat kekurangan
didalam program kami tetapi haruslah kami ucapkan terimakasih kepada
1. Allah
SWT.
2. Kedua
orang tua yang telah banyak memberi dukungan.
3. VP
managemen yang telah memberikan kesempatan kepada kami untuk membuat makalah
bisnis plan demi kemajuan generasi bangsa yang kreatif dan inovatif.
Kami menyedari bahwa makalah ini
masih banyak kekurangan, oleh karena itu saran dan kritik positif untuk
kemajuan produk yang kami buat dalam hal pengolahan lingkungan hidup akan lebih
baik.
Wassalamualaikum wr wb
Penulis
(Marina Safitri)
DAFTAR
ISI
Cover
Kata pengantar
Daftar isi
BAB I:
PENDAHULUAN
1.1
Latar Belakang
1.2
Justifikasi Pemilihan Objek Usaha
1.3
Tujuan Business Plan
BAB II:
ANALISIS
PRODUK
2.1
Jenis dan Nama Produk, Beserta Karakteristiknya
2.2
Keunggulan Produk, dibandingkan produk yang lainnya
2.3
Keterkaitan dengan yang lain
BAB III:
ANALISIS PASAR
3.1
Profil Konsumen
3.2
Potensi dan Segmentasi Pasar
3.3
Pesaing dan peluang Usaha
3.4
Media Promosi
3.5
Target dan Rencana Penjualan 1 Tahun
3.6
Strategi Pemasaran yang Akan Diterapkan
BAB IV:
ANALISIS
PRODUKSI
4.1
Bahan Baku, Bahan Pendukung, Perlengkapan atau Peralatan
4.2
kandungan bahan baku
4.3
Proses Produksi dan Waktu Penyelesaian
4.34
Dokumentasi
BAB V:
ANALISIS
KEUANGAN
5.1
Investasi yang Diperlukan dan Sumbernya
5.2
Rencana Neraca Awal
5.3
Rencana Laporan Laba/Rugi
BAB
1
PENDAHULUAN
1.1 Latar
Belakang
Jika mendengar kata “limbah” sebagian besar
masyarakat menilai bahwa itu adalah benda yang kotor dan tidak berguna. Setiap
limbah yang dihasilkan pada proses produksi tentunya berpotensi mencemari
lingkungan. Bisa kita bayangkan berapa banyak perindustrian di Indonesia yang
setiap produksinya menghasilkan limbah yang nantinya limbah tersebut akan
dibuang. Ada beberapa perusahaan industri yang memang melakukan proses untuk
menjadikan limbah yang dihasilkan menjadi molekul yang tidak berbahaya ?. Akan
tetapi tidak sedikit juga industri kecil yang membuang limbah hasil produksi
langsung ke sungai tanpa memprosesnya lagi. Seperti industri produksi tahu dan
tempe yang kami temui di sekitar jalan di daerah Surabaya utara. Hanya sedikit
kulit kedelai yang digunakan untuk Kulit kedelai sebagai limbah yang dihasilkan
dalam produksi tahu dan tempe dibuang begitu saja di sungai yang mengakibatkan
air sungai tidak mengalir dengan lancar akibat limbah yang dihasilkan.
Melihat keadaan tersebut tentunya kami mencoba
mencari jalan keluar dari permasalahan yang ada. Tidak semua limbah harus
dibuang walaupun telah dilakukan proses untuk menghancurkannya menjadi molekul
kecil agar tidak mencemari lingkungan. Beberapa orang yang sadar akan
kelestarian lingkungan telah melakukan pemanfaatan berbagai limbah baik dari
rumah tangga maupun dari pabrik srta industri. Seperti halnya pemanfaatan
limbah plastik kemasan menjadi berbagai kerajinan tangan berupa tas, dompet dan
lain sebagainya.
Dalam hal ini kami memiliki pemikiran yang berbeda.
Kami membuat sebuah produk makanan dari limbah kedelai dari proses produksi
industri tahu dan tempe yaitu berupa ice cream.Bagian yang kami manfaatkan
dalam produki ini adalah kulit ari kedelai hasil produksi tahu dan tempe yang
didak dimanfaatkan lagi. Seperti yang kita ketahui, ice cream adalah salah satu
produk yang digemari oleh berbagai kalangan mulai dari anak-anak, remaja,
hingga dewasa. Kandungan dari ice cream yang berbahan baku dari limbah kedelai
(kulit kedelai) ini sangatlah bernutrisi dan berasal dari bahan-bahan alami
yang sangatlah baik untuk kesehatan. Dengan adanya produk yang alami ini dapat
mengurangi resiko untuk terserang penyakit karena maraknya bahan-bahan kimia
yang saat ini beredar. Produk ini memiliki tiga farina rasa yaitu Ice Kullai
Kujer (kulit Jeruk), Ice Kullai Kumang (kulit mangga), Ice Kullai Kujam (kulit
jambu).
Selain itu dengan adanya produk ini kita secara
tidak langsung melibatkan konsumen untuk menyelamatkan lingkungan. Secara tidak
langsung juga bisnis ini mengandung strategi sosialisasi pelestarian alam yang
jitu karena akan menarik perhatian public tentang pemanfaatan limbah. Tentu
saja dengan adanya produk ini akan melahirkan inovasi – inovasi baru tentang
pemanfaatan limbah.
Dengan
berbagai alasan tersebut, kami mengajukan sebuah inovasi bisnis plan yang
sangat berpengaruh pada pelestarian alam yang selanjutnya kami beri nama “ICE
CREAM KULLAI” yang bertitik tolak pada pemanfaatan limbah produksi tahu dan
tempe, yang juga dibuat untuk memenuhi syarat perlombaan Management Olympic
National Challenge 2012 tahap ke dua.
1.2 Justifikasi
Pemilihan Objek Usaha
Kami memilih “Ice
Kullai” sebagai produk kami didasarkan oleh beberapa pertimbangan yakni :
1.2.1
berpusat pada pemanfaatan limbah
industry produksi tahu dan tempe. Dengan bahan baku tersebut tentunya dapat
menekan pengeluaran dalam bisnis produk ini sehingga keuntungan yang didapatkan
juga semakin meningkat.
1.2.2
Ice cream merupakan salah satu makanan yang
sangat digemari oleh semua kalangan, oleh sebeb itu mangsa pasar dalam produk
kami juga sangat menjanjikan.
1.2.3
Maraknya jajanan yang tidak sehat dan
bahan dasarnya yang banyak mengandung
bahan kimia, itulah yang membuat kami bersimpati dan berkeinginan membuat
produk dari bahan dasar yang alami serta menyehatkan.
1.2.4
Pemanfaatan limbah industry tersebut
juga sebagai langkah kami sebagai generasi muda yang ikut berpartisipasi dalam
penyelamatan dan pelestarian lingkungan.
1.3 Tujuan
Business plan
1.3.1
Pemanfaatan limbah industry produksi
tahu dan tempe berupa kulit kedelai sebagai bahan baku bussines plan.
1.3.2
Untuk mencari keuntungan semaksimal
mungkin dengan pengorbanan sekecil mungkin sesuai dengan prinsip ekonomi.
1.3.3
Untuk menarik perhatian konsumen dengan
tujuan menciptakan inovasi baru pada produk ice cream dengan bahan bakunya yang
berupa limbah.
1.3.4
Memberikan produk olahan terobosan
berbahan dasar limbah nanum menyehatkan bagi konsumen.
1.3.5
Untuk melakukan sosialisasi secara tidak
langsung dengan mengajak konsumen untuk ikut serta dalam pemanfaatan limbah yang ada di sekitar dan
ikut dalam pelestarian lingkungan.
BAB
II
ANALISIS
PRODUK
2.1 Jenis
dan Nama Produk, dan Karakteristiknya
2.1.1
Jenis produk
Jenis
produk pada business plan ini adalah produk makanan berupa ice cream
2.1.2
Nama Produk
Nama
produk kami yaitu “Ice Cream Kullai” yang merupakan singkatan dari ice cream “kulit kedelai”
2.1.3
Karakteristik :
2.1.3.1
Bahan baku berasal dari limbah kedelai (kulit
kedelai)
2.1.3.2
Kandungan nutrisi dalam kulit kedelai sehingga
menjadikan ice cream Kullai sebagai ice cream alami yang
menyehatkan.
2.2
keunggulan produk
Dalam
produk yang kami buat, kami memiliki keunggulan-keunggulan yang belum tentu
dimiliki oleh produk yang lain diantaranya :
2.2.1
Bahan dasar yang kami gunakan tentunya sangat berbeda dengan produk-produk
sebelumnya yang telah ada, yaitu dari limbah hasil pengolahan industry tahu dan
tempe.
2.2.2
setiap produk yang kami buat tentunya perperan terhadap perbaikan ekosistem
lingkungan alam guna menyelamatkan lingkungan kita.
2.2.3
mengajak konsumen secara tidak langsung untuk turut ikut serta dalam
pelestarian lingkungan.
2.2.4
Baik dari rasa sampai penampilan kami meberikan inovasi-inovasi dari
produk-produk yang sudah ada.
2.2.5
walaupun dari limbah hasil industry kami menjamin isi kandunagn bahan dasarnya
yang pasti aman untuk dikonsumsi untuk semua kalangan.
2.2.6
Tidak hanya sekedar aman, namun bahan dasar produk kami juga mempunyai
kandungan-kandungan yang mana itu sangat diperlukan oleh tubuh.
2.2.7 (manfaat
ice cream)
2.3
keterkaitan dengan yang lain
Produk
Ice Kulla sangatlah berkaitan dengan lingkungan mengingat produk ini adalah
salah satu produk yang ramah lingkungan dan terbuat dari bahan-bahan yang
alami.
BAB III
ANALISIS PASAR
3.1
Profil Konsumen
Target konsumen dalam produk kami ini
adalah
3.1.1 anak-anak
Dalam hal ini anak-anak TK sampai SD
menjadi salah satu segmen sasaran konsumen produk ini. Hal yang membuat yakin
bahwa ini termasuk dalam konsumen yang menjanjikan adalah :
3.1.1.1 anak-anak
cenderung menyukai makanan yang manis dan menarik seperti ice cream.
3.1.1.2 produk ini aman
dikonsumsi oleh anak-anak, sehingga para orang tua tidak perlu khawatir
terhadap jajan anak-anaknya.
3.1.2 Remaja
Remaja sebagai target produk ini
meliputi pelajar SMP-SMA, berdasarkan beberapa alasan yaitu:
3.1.2.1 8 dari 10 remaja yang kami wawancarai
menyukai ice cream. Mereka berpendapat bahwa ice cream merupakan jajanan yang
sangat enak,higienis dan sangat terjangkau.
3.1.2.2 produk ini
biasa dijadikan rujukan daftar jajanan bagi para remaja, karena Ice cream dapat
menenangkan diri, hal ini dapat membantu para remaja dalam meringankan beban
masalah.
3.1.3 Dewasa
Dewasa sebagai target produk ini
meliputi mahasiswa dan masyarakat umum. Masyarakat umum yang kami maksud ialah
pada semua golongan, baik menengah keatas maupun menengah ke bawah hal tersebut
dikarenakan:
3.1.3.1 harga yang terjangkau bagi semua
kalangan.
3.1.3.2 selain harga
yang terjangkau, rasa dan penampilannya juga tidak kalah dengan produk yang
lain.
3.2
Potensi dan Segmentasi Pasar
Tentusaja dalam hal ini produk Ice Cream
Kulai memiliki potensi pasar yang sangatlah menjanjikan mengingat ini
adalah salah satu produk makanan yang siap saji untuk dikonsumsi. Selain itu
ada beberapa hal yang membuat produk ini menjanjikan di pasaran ditinjau dari
beberapa hal yaitu :
3.2.1 Harga
Harga yang kami tawarkan sangatlah
terjangkau. Produk Ice Cream Kulai ini termasuk produk yang harganya dapat
dijangkau bagi semua kalangan.
3.2.2 Waktu
3.2.2.1 Bahan dasar
Oleh karena produk ini termasuk produk
olahan yang menggantungkan bahan dasar utamanya dari limbah industry tahu dan
tempe yanag jumlahnya sangatlah banyak terutama di Surabaya. Oleh karenanya
kami tidak akan kesulitan untuk memperoleh bahan dasar utamanya.
3.2.2.2 waktu penjualan
Dikarenakan Indonesia termasuk Negara
yang beriklim tropis, oleh sebab itu makanan yang dingin dan manis merupakan
makanan yang menjadi favorit yang dicari oleh pasar.
3.2.3 Lingkungan
Ditinjau dari segi lingkungan otomatis
produk yanag kamai buat ini adalah salah satu produk yang ramah lingkungan
mengingat produk ini termasuk salah satubproduk yang mengandalkan limbah hasil
industry sebagai bahan dasar utamanya.
3.2.4 Penampilan fisik
Melihat ligo yang telah kami buat,
tentunya kami sangat yakin akan menarik banyak konsumen dari semua kalangan
karena keunikan logonya serta penampilan luar kemasan Ice Cream Kulai tersebut.
3.2.5 Rasa
Dari segi rasa produk Ice Cream kulai
ini tidak kalah enak dan sedapnya ketimbang produk olahan Ice Cream yang lain
meiliahat bahan dasar yang kami gunakan sangatlah alami dan tidak menganduk
ataupun menambahkan bahan kimia yang tidak baik untuk kesehatan sehingga aman
dikonsumsi.Ice Kulai ini memiliki 3 farian rasa yaitu Kullai Kujer, Kullai
Kumang, Kullai Kujam
3.3
Pesaing dan Peluang Usaha
3.3.1 Pesaing Usaha
Di Indonesia khususnya di Surabaya
produk-produk olahan dari berbagai macam bahan dasar yang dibuat Ice Cream
sangatlah beragam. Mulai dari produk olahan Ice Cream dari perusahaan yang
sudah besar sampai industry rumah tangga.
Contoh-contoh Ice Cream dari Perusahaan
yang sudah besar :
3.3.1.1 Ice cream Walls
3.3.1.2 Ice cream Campina
3.3.1.3 Ice cream
Contoh-contoh Ice Cream dari industry
rumah tangga :
3.3.1.6 Ice cream Kulit pisang
3.3.2 Peluang Usaha
Peluang usaha dalam pembuatan produk ini
sangatlah menjanjikan, hal ini biasa terjadi apabila memiliki strategi
pemasaran yang tepat dalam menarik konsumen
3.4
Media Promosi
Untuk
mencapai target penjualan yang maksimum,
kami memiliki beberapa strategi romosi diantaranya yaitu :
3.4.1
Media promosi via internet
Seperti
yang telah kita ketahui promosi melalui media internet telah terbukti paling
efektif untuk memperkenalkan suatu produk mengingat modernisasi yang hampir
menyentuh seluruh lapisan masyarakat. Beberapa situs internet yang akan kami
gunakan sebagai media promosi yaitu :
3.4.1.1 social network, seperti
facebook, twitter, dan blackberry messanger
Mengingat sebagian
besar penduduk di Indonesia memiliki akun di jejaring social, maka diperkirakan
akan banyak masyarakat yang akan melihat
iklan produk ice cream kullai ini sehingga tertarik dan akhirya membeli produk
ini.
3.4.1.2 pengenalan produk via blog.
Setelah masyarakat mendengar produk kami baik
dari jejaring social maupun dari mulut ke mulut, maka masyarakat akan mencari
informasi tentang ice cream kullai tersebut. Tentunya kami menyajikan
keunggulan termasuk kandungan nutrisi dari produk ini sehingga masyarakat
menjadi lebih yakin terhadap produk Ice cream kullai. Dengan demikian maka akan
ada pelanggan tetap dari produk Ice Kullai
3.4.1.3Mendaftarkan
produk Ice Kullai dalam situs bisnis online
Dengan cara ini, akan
lebih banyak menarik konsumen baik di dalam kota maupun luar kota mengingat
konsumen mencari berbagai konsumsi yang unik dan menarik dari situs ini. Situs
bisnis online yang digunakan seperti www.bisnisgoonline.com,
www.kapanlagi.com
. Dalam situs ini tidak dikenakan biaya dalam promosinya, hanya perlu menjadi
member dari situs ini. Dengan demikian maka akan memperkecil beban biaya untuk
promosi.
3.4.2 Media promosi secara langsung
Strategi
promosi ini bertujuan untuk memperkenalkan secara langsung produk ice kullai
pada masyarakat. Target utama dalam media promosi ini adalah pelajar di SMA
Kompleks Surabaya mengingat kami juga merupakan pelajar dari salah satu SMA
kompleks di Surabaya. Strategi awal kami yaitu dengan menitipkan beberapa
produk ice kullai di kantin kantin sekolah dengan nama, tampilan dan juga rasa
yang enak yang sesuai dengan lidah para remaja. Tidak hanya itu, presentasi
secara langsung dari 1 orang ke orang lainnya baik dari segi bahan baku,
proses, kandungan, keunggulan dan hal lain yang sekiranya ingin diketahui oleh
para konsumen.
3.4.3
Media promosi via brosur
Untuk mempromosikan produk ini, kami juga
menyediakan brosur yang berisi tentang ice kullai yang meliputi : Keunggulan
ice kullai dari ice cream lain, ciri khas ice kullai, nutrisi yang terkandung
di dalamnya, dan lain-lain. Tidak lupa juga beberapa nomer telepon serta situs
media di internet yang bisa dihubungi untuk menjadi pelanggan pada produk ice
cream kullai ini. Brosur ini ditempelkan di tempat-tempat umum yang strategis.
Selain itu brosur ini juga disediakan di setiap kantin sekolah yang menjual
produk ice cream kullai sehingga para pelajar yang nantinya tertarik pada
produk ice cream kullai akan dapat secara langsung menghubungi pihak kami
bilamana mereka membutuhkan produk kami untuk pesta atau acara lainnya.
Tentunya strategi ini juga akan meningkatkan produksi produk ice kullai.
3.4.4
Slogan jitu untuk menarik konsumen
Mengingat produk ice kullai sangatlah erat
hubungannya degan alam yang sangat membantu kelestarian alam dengan metode
pemanfaatan limbah lingkungan produksi tahu dan tempe, maka di setiap produk
ice kullai, akan dicantumkan slogan yang menarik untuk para konsumen. Yaitu “1
CUP UNTUK SELAMATKAN LINGKUNGANMU”. Strategi ini tentunya akan sangat menarik
konsumen yang nantinya akan meningkatkan jumlah produksi.
3.5 Target dan
Rencana Penjualan 1 tahun
Dalam
menjalankan produksi, tentunya diperlukan target penjualan yang harus dicapai
guna mendapatkan laba dalam proses produksi, baik dalam jangka pendek maupun
jangka panjang. “Jangka waktu perencanaan, sebenarnya hanyalah aspek-aspek yang
berbeda dari masalah dasar yang sama. Yaitu mendapatkan hasil (output) dari
masukan (input) secara efisien .
Perbedaannya terletak pada apa yang mungkin diubah oleh suatu
perusahaan(Steiner, Peter et al,1987). Ada beberapa target yang perlu dicapai
dalam menjalankan bisnis ini diantaranya :
3.5.1 Target
penjualan
Untuk menentukan
target penjualan tentu diperlukan analisa “break
even point” untuk mengetahui masa impas biaya produksi dan penjualan
sehingga diketahui target minimal yang harus dicapai agar dalam produksi
mendapatkan keuntungan yang diinginkan. Pengertian analisa break even point
menurut Sigit (1993, p. 2) adalah suatu cara atau suatu teknik yang digunakan
oleh seorang petugas atau manajer perusahaan untuk mengetahui pada volume
(jumlah) penjualan dan volume produksi berapakah perusahaan yang bersangkutan
tidak menderita kerugian dan tidak pula memperoleh laba.
BEP
=
Keterangan :
Fixed cost : 1. Biaya upah karyawan : Rp.
1000.000,00
2. Biaya alat produksi : Rp.
5.500.000,00
3. Biaya pajak : Rp.
500.000,00
Rp.
7.000.000,00
Variabel
cost : 1. Biaya bahan baku (100 cup) :
Rp. 180.000,00
Rp. 180.000,00 : 100
=
1800
3.5.2 Target
Pengembangan Usaha
Target Pengembangan
Usaha Ice Cream Kullai ini jika telah mampu menembus pasaran yakni dengan
melakukan ekspansi perusahaan diantaranya :3.5.2.1 Penambahan Mesin
Penambahan mesin ini berguna untuk
menghasilkan produksi yang lebuih banyak dalam waktu yang lebih cepat pula.
Dengan demikian akan lebih mengefisiensi waktu dan tenaga kerja serta dapat
lebih meningkatkan pelayanan dalam penjualan.
3.5.2.2
Penambahan Tenaga Kerja
Untuk melakukan ekspansi perusahaan
tentu juga diperlukan tenaga kerja tambahan khususnya di bidang marketing. Jika
suatu perusahaan memiliki marketing yang jujur dan produktif maka perusahaan
tersebut dapat dengan mudah mencapai target dengan cepat dan efisien.
3.5.2.3
Memperluas daerah pemasaran
Dengan mengandalkan tenaga kerja di
bidang marketing, tentunya perusahaan dapat memperluas daerah pemasarannya
hingga ke luar negeri dengan mudah selain dengan bantuan media internet. Target
inilah yang ingin dicapai dalam menjalankan usaha Ice cream Ice Kullai.
3.4 Strategi
pemasaran
Yang kami lakukan untuk menembuas pemasaran nasional yaitu dengan:
3.4.1
pendekatan dengan konsumen
3.4.2
pemasaran produk melaluli media masa
baik baik cetak maupun non cetak
3.4.3
pemberian diskon terhadap pembelian
tertentu (miniman 20 unit)
3.4.4
pemberian kartu member bagi setiap
pelanggan.
3.4.5
Pemberian member terhadap setiap
distributor yang menjadi partner kerja.
BAB
IV
ANALISIS
PRODUK
4.1
Bahan baku, Bahan pendukung, peralatan
4.1.1 Bahan Baku
Untuk produk Ice Cream
Kulai ini kami membutuhkan beberapa bahan selain bahan utama yang berasal dari
limbah industry.
Untuk pembuatan 100 cup
ice cream
No
|
Nama Bahan
|
Jumlah Bahan
|
1.
|
Kulit
ari kedelai
|
3000
gr
|
2
|
Telur
|
20
|
3.
|
Maizena
|
2
bungkus
|
4.
|
Gula
|
2000
gr
|
5.
|
Air
|
7000
ml
|
6.
|
Vanili
|
10
|
7.
|
Pandan
|
10
helai
|
4.1.2 Peralatan
Alat-alat yang
dibutuhkan untuk menunjang pembuatan poduk Ice cream Kulai ini adalah :
No
|
Nama Alat
|
Jumlah
|
1.
|
Panci
|
3
unit
|
2.
|
Blander
|
1
unit
|
3.
|
Baskom
|
1
unit
|
4.
|
Mangkok
|
6
unit
|
5.
|
Pengaduk
|
3
unit
|
6.
|
Mixer
|
1
unit
|
7.
|
Lemari
Es
|
1
unit
|
4.2
Kandungan bahan baku
4.2.1 kulit ari kedelai
Komponen
|
Jumlah (gram/100 gram)
|
Selulosa
|
14-25 gram
|
Pektin
|
14-20 gram
|
Protein
|
10-12 gram
|
Abu
|
4-5 gram
|
Lignin
|
3-4 gram
|
Tabel 1. Data Statistik Kandungan Kulit Kedelai
Sumber : Mullin and Xu (2001)
4.2.2 Telur
(100 garam, 2
butir telur ayam kampung).
Zat gizi
|
Telur Ayam
|
Kalori
(kcal)
|
162
|
Protein
(gr)
|
12,8
|
Lemak
(gr)
|
11,5
|
Karbohidrat
(gr)
|
0,7
|
Thiamim
(mg)
|
0,10
|
Vitamin
A (SI)
|
900
|
4.3 Proses
Produksi dan Waktu Penyelesaian
4.2.1
Proses Produksi
SIKLIUS
PEMBUATAN DAN PRODUKSI
Siapkan alat dan
bahan
|
Masak hingga kalis
|
Haluskan kulit ari kedelai menggunakan blander
|
Campurkan semua bahan utama
|
Kulit ari kedelai
|
Tepung maizena
|
Telur
|
Gula
|
Haluskan dengan blander
|
Campurkan setiap
perasa dari limbah dengan adonan bahan utrama
|
Pembuatan perasa dari limbah kulit
|
Kulit jeruk
|
Kulit mangga
|
Kulit jambu
|
Ambil masing-masing kulit yang sudah tidak terpakai
|
Cuci kulit dengan bersih
|
Cuci kulit ari
kedelai
|
Tuang kedalam setiap cup
|
4.3.2
Waktu Penyelesaian
Waktu
yang dibutuhkan untuk pembuatan Ice Kullai mualai dari awal sampai akhir
sekitar 1 jam atau setara dengan 60 menit. Sangat sebentar dan tidak
membutuhkan waktu yang lama.
4.4
Dokumentasi
4.4.1
persiapan alat dan bahan
4.4.2 Penghancuran
bahan hingga menjadi bubur
4.4.3 Pencampuran
bahan baku
4.4.5
hasil akhir
BAB V
ANALISIS KEUANGAN
5.1
Investasi yang diperlukan dan Sumbernya
Investasi tentunya sangat dibutuhkan
untuk mendukung perkembangan usaha Ice cream Kullai
No
|
Investasi
|
Sumber
|
1.
|
Mesin
Pendingin
|
Modal
pribadi
|
2.
|
Mesin Pembuat es
|
Pinjaman Bank
|
3.
|
Komputer
|
Pinjaman
Bnk
|
4.
|
Telepon Seluler
|
Modal pribadi
|
5.
|
Mobil
|
Modal
pribadi
|
6.
|
Gedung
|
Modal pribadi
|
5.2 Rencana Neraca Awal
Berikut ini merupakan
berbagai sumber dan penggunaan kas yang selanjutnya akan dibukukan dalam neraca
No
|
Ket
|
Kas
|
Bank
|
Persediaan
|
Inventaris
|
Hutang Bank
|
Serba-serbi
|
|||||||
D
|
K
|
D
|
K
|
D
|
K
|
D
|
K
|
D
|
K
|
D
|
K
|
|||
1
|
Saldo kas
|
Rp 5.000.000
|
||||||||||||
2
|
Saldo bank
|
Rp 1.500.000
|
||||||||||||
3
|
Pinjaman bank
|
Rp 25.000.000
|
Rp 25.000.000
|
|||||||||||
4
|
Mesin Pendingin
|
Rp 4.000.000
|
Rp 4.000.000
|
|||||||||||
5
|
Mesin pembuat es
|
Rp 1.500.000
|
Rp 1.500.000
|
|||||||||||
6
|
Telepon selular
|
Rp 1.500.000
|
Rp 1.500.000
|
|||||||||||
7
|
Komputer
|
Rp 7.000.000
|
Rp 7.000.000
|
|||||||||||
8
|
limbah kedelai
|
Rp 25.000
|
Rp 25.000
|
|||||||||||
9
|
tepung maizena
|
Rp 7.000
|
Rp 7.000
|
|||||||||||
10
|
Vanili
|
Rp 10.000
|
Rp 10.000
|
|||||||||||
11
|
Telur
|
Rp 30.000
|
Rp 30.000
|
|||||||||||
12
|
Gula
|
Rp 50.000
|
Rp 50.000
|
|||||||||||
13
|
listrik dan air
|
Rp 20.000
|
Rp 20.000
|
|||||||||||
14
|
Cup ice cream
|
Rp 10.000
|
Rp 10.000
|
|||||||||||
Rp 30.000.000
|
Rp 14.152.000
|
Rp 1.500.000
|
Rp -
|
Rp 142.000
|
Rp -
|
Rp 14.000.000
|
Rp -
|
Rp -
|
Rp 25.000.000
|
Rp 10.000
|
Rp -
|
|||
Saldo
|
Rp 15.848.000
|
Rp 1.500.000
|
Rp 142.000
|
Rp 14.000.000
|
Rp 25.000.000
|
Rp 10.000
|
||||||||
Rp 30.000.000
|
Rp 30.000.000
|
Rp 1.500.000
|
Rp 1.500.000
|
Rp 142.000
|
Rp 142.000
|
Rp 14.000.000
|
Rp 14.000.000
|
Rp 25.000.000
|
Rp 25.000.000
|
Rp 10.000
|
Rp 10.000
|
|||
NERACA PER 31 DESEMBER 2012
|
||||||
AKTIVA
|
PASSIVA
|
|||||
NO
|
KETERANGAN
|
JUMLAH
|
NO
|
KETERANGAN
|
JUMLAH
|
|
Aktiva Lancar :
|
Hutang Lancar :
|
|||||
1
|
Kas
|
30.000.000,00
|
9
|
Hutang Bank
|
25.000.000,00
|
|
2
|
Bank
|
1.500.000,00
|
Bunga bank
|
2.500.000,00
|
||
3
|
Persediaan
|
142.000,00
|
||||
4
|
Inventaris
|
14.000.000,00
|
||||
5
|
Serba-serbi
|
10.000,00
|
Modal :
|
|||
10
|
Modal Usaha
|
43.152.000,00
|
||||
Aktiva Tetap :
|
||||||
Mobil
|
20.000.000,00
|
|||||
Gedung
|
5.000.000,00
|
|||||
70.652.000,00
|
70.652.000,00
|
5.3
Laporan Rugi laba
Biaya produksi =
142.000/ 100 cup
Biaya produksi 40.000
cup (target penjualan BEP min 35000 unit)
Hasil penjualan 40.000
cup = 40.000 x 2000 = 80.000.000
Laba =
Rp.80.000.000,00- Rp.56.800.000,00 = Rp.
23.200.000,00
Powered by Blogger.
silahkan comot , jangan lupa kasih sumbernya yaa, thankss ^^
ReplyDeleteyuhuuu referensinya lengkap banget...pas dah ama tugas ku '^' makasi banget ya kak uda share.....oke ntar aku jadiin daftar pustaka di makalahku ya :D
ReplyDeletemakasih ka udh kasih inspirasi utk tugas kuliahku,,,
ReplyDeletesalam dari leni yaa..
tenang nanti aku lampirkan dftar pustaka ka di dlm tgs aku..
maksih materinya bagus bnget
ReplyDeletejngan lupa juga mampir ke web kami www.fahnik.com innfo kesehatan dan perawatan kulit
Makasi, membantu banget
ReplyDeleteTerimakasih....
ReplyDeleteTerimakasih....
ReplyDeletemakasikak, materinya bagus banget, alhamdulillah bisa nambah inspirasi buat tugas kuliah
ReplyDeletenice post, emang deh kita ga bisa mandang rendah laporan bisnis. soalnya manfaat laporan bisnis itu berguna banget buat pertumbuhan bisnis.
ReplyDeleteHalo Semua Selamat Datang di Kantor Keuangan James Althouse, apakah Anda membutuhkan pinjaman untuk pencarian bisnis atau keperluan pribadi tidak lebih karena kami di sini untuk memberikan Anda jumlah pinjaman yang Anda butuhkan dengan tingkat bunga serendah 2% James Althouse Finance Perusahaan ada di sini untuk membantu Anda, yang perlu Anda lakukan adalah mengirimkan kepada kami informasi di bawah ini melalui email kami untuk memulai aplikasi pinjaman Anda.
ReplyDeleteDATA APLIKASI
1) Nama Lengkap:
2) Alamat:
3) Seks:
4) status perkawinan:
5) Bekerja:
6) Nomor Telepon:
7) Posisi saat ini di tempat kerja:
8) penghasilan bulanan:
9) jumlah pinjaman yang dibutuhkan:
10) Durasi:
11) Pinjaman Bunga:
12) Agama:
13) Sudahkah Anda melamar sebelumnya:
14) Tanggal lahir:
Terima kasih.
JAMES ALTHOUSE
E-mail: jamesalthousefinancefirm@gmail.com
whatsapp: +1 (503) 882-0085
tabel neracanya kepotong, gak full
ReplyDeletealhamdulillah terimakasih yah ilmunya semoga bermanfaat
ReplyDeleteApakah Anda mengalami kesulitan keuangan atau Anda ingin memenuhi impian Anda dengan dana?
ReplyDeleteApakah Anda memerlukan pinjaman untuk melunasi tagihan Anda, Memulai atau mengembangkan bisnis Anda?
Apakah Anda mengalami kesulitan mendapatkan pinjaman dari Pemberi Pinjaman atau Bank karena tingginya biaya / persyaratan pinjaman?
Apakah Anda memerlukan pinjaman untuk alasan yang sah?
Kemudian khawatir kami datang untuk menawarkan pinjaman kepada pelamar yang tertarik baik lokal maupun luar negeri tidak peduli jenis kelamin atau lokasi tetapi usia harus 18 tahun ke atas.
Kembali kepada kami untuk negosiasi tentang jumlah yang Anda butuhkan akan menjadi keputusan yang bijaksana.
JENIS PINJAMAN KAMI
Pinjaman ini dibuat untuk membantu klien kami secara finansial, dengan tujuan mengurangi beban finansial. Untuk alasan apa pun, pelanggan dapat menemukan rencana pinjaman yang sesuai dari perusahaan kami yang memenuhi persyaratan keuangan.
Data pelamar:
1) Nama Lengkap:
2) Negara
3) Alamat:
4) Jenis Kelamin:
5) Pekerjaan:
6) Nomor telepon:
7) Posisi saat ini di tempat kerja:
8 Pendapatan bulanan:
9) Jumlah pinjaman yang dibutuhkan:
10) Jangka waktu pinjaman:
11) Apakah Anda pernah melamar sebelumnya:
12) Tanggal Lahir:
Hubungi perusahaan pinjaman Gloria S melalui email:
{gloriasloancompany@gmail.com} atau
Nomor WhatsApp: +1 (815) 427-9002
Nomor Perwakilan Indonesia: +6288286919466
Salam Hormat