Total Pageviews

Pages

Unknown On Monday 16 September 2013



Salah satu peran Mahasiswa adalah agent of change dimana kita dituntut untuk membuat perubahan positif baik untuk diri kita sendiri maupun untuk orang-orang di sekitar kita. Lalu bagaimana caranya untuk membuat perubahan? Cara yang paling tepat adalah dengan menemukan dan memanfaatkan momentum atau kesempatan dengan baik. Dalam menjalani hidup, pasti akan ada momentum atau kesempatan yang menyodorkan pilihan untuk kita. Hanya saja untuk menemukan momentum itu, kita perlu jeli dalam memanfaatkan kesempatan yang ada yang nantinya bisa berefek besar bagi perubahan diri kita ke arah yang lebih baik atau justru sebaliknya. Sebuah tayangan dari salah satu program televisi yang menghadirkan rektor Universitas Atmajaya yakni Prof Dr F.G. Winarno. 


Diceritakan kisah perjuangan kesuksesan beliau dari anak biasa yang berasal dari keluarga kekurangan hingga menjadi sesorang yang sukses dengan berbagai pengalaman hidup.
Dalam situasi ini beliau telah menemukan berbagai momentum dalam hidupnya yang tentunya membuat perubahan besar untuk dirinya hingga saat ini. Diantaranya yakni suatu moment yang membuat Beliau memilih untuk belajar dengan keras daripada diam menerima nasibnya saat itu. Berangkat dari hal itu tentu ada motivasi besar dari dalam diri yang mengiringi usaha Beliau untuk terus fokus dan belajar lebih keras lagi. Selain itu juga terdapat moment yang membuatnya terdesak dan harus menentukan pilihan secepatnya yaitu ketika Beliau yang saat itu sebagai dokter ahli bedah hewan, dituntut untuk membedah manusia, terlebih lagi Ibu beliau sendiri. Akhirnya beliau memberanikan diri dan operasi itu berhasil. Mengutip perkataan dari beliau " Lebih baik mencoba daripada menyesal tidak melakukan apa-apa". 

Dari kutipan cerita tersebut dapat kita ambil pelajaran sebenarnya terdapat banyak pilihan untuk kita agar bisa menjadi orang yang luar biasa. Namun semua itu tergantung kepada diri kita sendiri memilih mau berkembang atau justru memilih tetap di posisi sebelumnya dan tidak akan pernah berkembang sehingga tidak akan ada perubahan yang berarti dalam hidup kita. Namun, di dalam setiap pilihan pasti terdapat resiko. Dalam menentukan pilihan, kita juga harus berani dalam menerima semua resiko akibat pilihan kita sendiri. Tentu tidak mudah untuk berani bertindak tegas dalam menentukan sebuah pilihan serta berani mengambil resiko di waktu yang tepat. Pikirkanlah, setiap pilihan yang kita lakukan dalam waktu sebentar itu akan memberikan efek yang besar bagi kehidupan kita di masa mendatang. Hari Esok tergantung apa yang kita lakukan hari ini. Oleh karena itu tentukanlah pilihan yang terbaik dalam hidup, sehingga kita mendapatkan kesempatan untuk merubah masa depan yang baik untuk diri kita dan orang lain




Memenuhi tugas Keterampilan Interpersonal JSI ITS ‘13
Dosen : Achmad Halil Noor Ali



{ 5 comments... read them below or Comment }

  1. great! sukses ya wanita sholehah :) menginspirasi sekali :') kebetulan saya gagal 4kali wkwkw. dan saya yakin Tuhan punya berjuta2 kali lipat rencana lebih indah :)

    ReplyDelete
  2. Amin.. Allah pasti telah merencanakan yang terbaik untuk wanita yang baik kaya kamu kok fa..
    hasilnya nanti pasti berkali-kali lebih baik karena perjuanganmu berkali-kali lebih keras dari lainnya. semangaat ya fa..

    ReplyDelete
  3. mantep maaar ;)))) fotonya kece gileee hehe :p

    ReplyDelete
  4. wah inspiratif bgt dan gambarnya kereeen bgt..

    ReplyDelete
  5. Terimakasih untuk komentarnya, ditunggu tulisan-tulisan berikutnya ya.. :)

    ReplyDelete

Powered by Blogger.