Total Pageviews

Pages

Unknown On Wednesday 1 January 2014


Keterampilan Interpersonal (KI) merupakan satu-satunya mata kuliah di Jurusan Sistem Informasi yang lebih mengoptimalkan kemampuan softskill Mahasiswa. Mata kuliah KI dalam sistem Pembelajaran Jurusan Sistem Informasi dinilai sangat penting untuk menunjang keterampilan interpersonal dan intrapersonal Mahasiswa yang nantinya menghasilkan output berupa kompetensi pembelajaran yang akan muncul seiring suatu perubahan perilaku Mahasiswa dalam segala sisi positif dari proses pembelajarannya. Eksistensinya selama beberapa tahun di Sistem Pembelajaran JSI tentu membuat pertanyaan besar bagi sebagian orang, Benarkah mata kuliah KI dapat membuat suatu perubahan perilaku individu terutama pada diri sendiri secara personal sebagai indikator pencapaian kompetensi belajar?
Rangkaian proses pembelajaran KI disesuaikan pada berbagai nilai yang dimiliki oleh Jurusan SI yaitu Etika dan integritas, kreativitas dan inovasi, ekselensi, kepemimpinan yang kuat, sinergi serta kebersamaan dan tanggung jawab sosial[1] . Hal ini menggambarkan seberapa penting kontribusi mata kuliah KI sebagai tools untuk mencapai ke 6 nilai penting JSI. Jika ditelaah lebih dalam, mata kuliah KI memiliki kompetensi yang lebih signifikan yaitu membuat mahasiswa pandai dalam belajar, menggali dan menyampaikan/mengkomunikasikan gagasan serta membentuk mahasiswa yang mampu memanajemen diri, membangun tim, memimpin dan bekerjasama dalam tim[2]. Indikator keberhasilan pencapaian dari seluruh kompetensi tersebut yaitu adanya perubahan perilaku sebagai wujud penyerapan informasi dan pengetahuan dari mata kuliah KI secara memadai. Pembelajaran pada mata kuliah KI mengarahkan perubahan perilaku secara bertahap sesuai dengan model teori transteoretikal yang terdiri dari tahap prekontemplasi, pada tahap ini pembelajaran KI memberikan informasi dan umpan balik sehingga menimbulkan kesadaran akan adanya masalah dan kemungkinan untuk berubah,pada tahap kontemplasi, proses pembelajaran KI membantu menghilangkan keraguan untuk berubah dengan mendiskusikan sisi positif dan negatif apabila menerapkan pengetahuan yang diberikan. Pada tahap preparasi dan aksi, individu yang telah akan mulai berubah. Sedangkan pada tahap pemeliharaan dan relaps, proses pembelajaran KI akan selalu memberikan pemeliharaan perubahan perilaku untuk mencegah terjadinya kekambuhan pada kebiasaan yang lama[3].
Dari hal tersebut, dapat dikatakan bahwa pembelajaran yang ada pada mata kuliah KI mendukung proses perubahan perilaku yang nantinya akan menjadi sebuah kebiasaan positif untuk diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Secara khusus atau personal mata kuliah KI memang banyak berkontribusi terhadap perubahan diri saya dalam menghadapi masa peralihan dari siswa ke mahasiswa yang tentunya banyak mengalami tantangan. Banyak pembelajaran yang menimbulkan dampak positif berkelanjutan dan menjadi kebiasaan baik pada hidup saya secara pribadi seperti kebiasaan untuk menuliskan setiap mimpi secara bertahap, perubahan cara berkomunikasi yang lebih dewasa dan bijaksana termasuk bagaimana menghadapi lawan biacara dengan baik dan sopan, perubahan terhadap penampilan diri di muka umum, pengetahuan baru tentang tata cara presentasi yang menarik, serta empati sosial. Berbagai hal tersebut dapat melatih diri kita tentang bagaimana cara kita menghadapi dunia luar yang begitu luas dengan keahlian yang kita miliki.Oleh karena itu perlu adanya mata kuliah KI untuk menjadi mata kuliah pokok di setiap jurusan khususnya Jurusan SI sebagai media pembentuk perubahan positif dalam setiap individu demi terciptanya Sistem Pembelajaran yang seimbang dan terintegrasi dalam mewujudkan Mahasiswa yang berkualitas.





[1] Prospektus Jurusan Sistem Informasi, Visi, Misi dan Nilai SI - http://is.its.ac.id
[2] Silabus Kurikulum 2009-2014 Jurusan Sistem Informasi ITS
[3] Simon-Morton, Greene-Gottlieb, 1995






Memenuhi tugas Keterampilan Interpersonal JSI ITS '13
Dosen : Ir. Achmad Holil Noor Ali.M.Kom.

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

Powered by Blogger.