-
- Home »
- Keterampilan Interpersonal »
- KI Sebagai Pembelajaran Menuju Perubahan Perilaku
Unknown
On Wednesday, 1 January 2014
Keterampilan Interpersonal (KI) merupakan
satu-satunya mata kuliah di Jurusan Sistem Informasi yang lebih mengoptimalkan
kemampuan softskill Mahasiswa. Mata kuliah KI dalam sistem Pembelajaran Jurusan
Sistem Informasi dinilai sangat penting untuk menunjang keterampilan
interpersonal dan intrapersonal Mahasiswa yang nantinya menghasilkan output
berupa kompetensi pembelajaran yang akan muncul seiring suatu perubahan
perilaku Mahasiswa dalam segala sisi positif dari proses pembelajarannya.
Eksistensinya selama beberapa tahun di Sistem Pembelajaran JSI tentu membuat
pertanyaan besar bagi sebagian orang, Benarkah mata kuliah KI dapat membuat
suatu perubahan perilaku individu terutama pada diri sendiri secara personal
sebagai indikator pencapaian kompetensi belajar?
Rangkaian proses pembelajaran KI disesuaikan pada
berbagai nilai yang dimiliki oleh Jurusan SI yaitu Etika dan integritas,
kreativitas dan inovasi, ekselensi, kepemimpinan yang kuat, sinergi serta kebersamaan
dan tanggung jawab sosial[1] . Hal ini menggambarkan
seberapa penting kontribusi mata kuliah KI sebagai tools untuk mencapai ke 6 nilai penting JSI. Jika ditelaah lebih
dalam, mata kuliah KI memiliki kompetensi yang lebih signifikan yaitu membuat
mahasiswa pandai dalam belajar, menggali dan menyampaikan/mengkomunikasikan
gagasan serta membentuk mahasiswa yang mampu memanajemen diri, membangun tim,
memimpin dan bekerjasama dalam tim[2]. Indikator keberhasilan pencapaian
dari seluruh kompetensi tersebut yaitu adanya perubahan perilaku sebagai wujud
penyerapan informasi dan pengetahuan dari mata kuliah KI secara memadai.
Pembelajaran pada mata kuliah KI mengarahkan perubahan perilaku secara bertahap
sesuai dengan model teori transteoretikal
yang terdiri dari tahap prekontemplasi,
pada tahap ini pembelajaran KI memberikan informasi dan umpan balik sehingga
menimbulkan kesadaran akan adanya masalah dan kemungkinan untuk berubah,pada
tahap kontemplasi, proses pembelajaran KI membantu menghilangkan keraguan untuk
berubah dengan mendiskusikan sisi positif dan negatif apabila menerapkan
pengetahuan yang diberikan. Pada tahap preparasi dan aksi, individu yang telah
akan mulai berubah. Sedangkan pada tahap pemeliharaan dan relaps, proses
pembelajaran KI akan selalu memberikan pemeliharaan perubahan perilaku untuk
mencegah terjadinya kekambuhan pada kebiasaan yang lama[3].
Dari hal tersebut, dapat dikatakan bahwa
pembelajaran yang ada pada mata kuliah KI mendukung proses perubahan perilaku
yang nantinya akan menjadi sebuah kebiasaan positif untuk diterapkan dalam
kehidupan sehari-hari. Secara khusus atau personal mata kuliah KI memang banyak
berkontribusi terhadap perubahan diri saya dalam menghadapi masa peralihan dari
siswa ke mahasiswa yang tentunya banyak mengalami tantangan. Banyak
pembelajaran yang menimbulkan dampak positif berkelanjutan dan menjadi
kebiasaan baik pada hidup saya secara pribadi seperti kebiasaan untuk
menuliskan setiap mimpi secara bertahap, perubahan cara berkomunikasi yang
lebih dewasa dan bijaksana termasuk bagaimana menghadapi lawan biacara dengan baik
dan sopan, perubahan terhadap penampilan diri di muka umum, pengetahuan baru
tentang tata cara presentasi yang menarik, serta empati sosial. Berbagai hal
tersebut dapat melatih diri kita tentang bagaimana cara kita menghadapi dunia
luar yang begitu luas dengan keahlian yang kita miliki.Oleh karena itu perlu
adanya mata kuliah KI untuk menjadi mata kuliah pokok di setiap jurusan
khususnya Jurusan SI sebagai media pembentuk perubahan positif dalam setiap
individu demi terciptanya Sistem Pembelajaran yang seimbang dan terintegrasi
dalam mewujudkan Mahasiswa yang berkualitas.
[1] Prospektus Jurusan Sistem Informasi, Visi, Misi dan
Nilai SI - http://is.its.ac.id
[2] Silabus Kurikulum 2009-2014 Jurusan Sistem Informasi
ITS
[3] Simon-Morton, Greene-Gottlieb, 1995
Memenuhi tugas Keterampilan Interpersonal JSI ITS '13
Dosen : Ir. Achmad Holil Noor Ali.M.Kom.
Powered by Blogger.