Total Pageviews

Pages

Unknown On Tuesday 10 September 2013



Mata kuliah favorit Mahasiswa. Ya, itulah KI (Keterampilan Interpersonal).Mungkin mata kuliah ini tidak ditemukan di semua Universitas/Institut di Jurusan Sistem Informasi, namun mata kuliah ini dipastikan ada di Jurusan Sistem Informasi di Institut Teknologi Sepuluh November (ITS). Keterampilan interpersonal didefinisikan sebagai keterampilan untuk mengenali dan merespon secara layak perasaan, sikap dan perilaku, motivasi serta keinginan orang lain. Bagaimana diri kita mampu membangun hubungan yang harmonis dengan memahami dan merespon manusia atau orang lain merupakan bagian dari keterampilan interpersonal. Mata kuliah ini dinilai perlu karena berbagai hal yang tentunya memang harus dipertimbangkan diantaranya adalah :
1.       Mahasiswa seringkali tidak mengetahui tujuan dan alasan mengapa mereka kuliah
Ketika pertama kali ditanya mengapa kita datang ke kampus. Pasti jawaban yang ada adalah untuk kuliah. Lalu pertanyaan diteruskan, mengapa kita kuliah? Yap, semua orang di kelas mempunyai jawaban yang sudah umum, apalagi jika bukan mencari ilmu untuk sukses, mendapat pekerjaan yang baik, dll. Jika diamati, sebenarnya tujuan akhirnya adalah uang. Sebagian orang berfikir bahwa indikator utama ksuksesan adalah uang. Sebagian besar mahasiswa memiliki tujuan yang sama untuk kepentingan pribadi. Pernahkah kita berfikir jika ilmu yang akan kita dapatkan di bangku kuliah ini sangat dibutuhkan oleh sebagian besar masyarakat Indonesia yang kurang beruntung karena tidak dapat mengenyam pendidikan di bangku Perguruan Tinggi? Pernahkah kita berfikir, kira-kira apa yang bisa kita berikan bagi bangsa ini jika lulus nanti? Apakah kita merasa cukup jika keinginan individualis kita terpenuhi? Kita para Mahasiswa tentunya harus tahu, bahwa sekian juta penduduk Indonesia menitipkan masa depan bangsa ini kepada kita kaum pemuda generasi bangsa. Kita harus sadar bahwa kita telah mengembang tugas dan tanggung jawab yang besar bagi bangsa ini.  Dari uraian di atas kini kita mengetahui, mengapa kita kuliah? Ya, karena bangsa ini membutuhkan kita untuk merubah masa depannya menjadi indah

2.       Kebiasaan berfikir “Inside The Box”
Pendidikan formal dari Sekolah Dasar (SD) hingga Sekolah Menengah Atas (SMA) selama 12 tahun cenderung mengarahkan kita untuk berfikir inside the box. Bagaimana kita mengetahui hal itu? Jika dilemparkan sebuah pertanyaan. Ke mana air mengalir? Bukankah jawabannya adalah ke tempat yang lebih rendah? Jika Ya, itu menandakan Anda masih berfikir inside the box. Apa jawaban yang sebenarnya? Yaitu Air mengalir ke tempat yang memungkinkan. Kita cenderung terikat pada teori-teori yang secara tidak langsung membuat paradigma tertentu terhadap semua hal. Cobalah keluar dari box di pikiran Anda untuk mengetahui bahwa masih ada banyak hal yang perlu kita fikirkan lagi. Bebaskanlah pikiran anda untuk lebih mengeksplore kreatifitas dan ide-ide segar.

Pembentukan karakter penanaman nilai moral yang luhur memang dibutuhkan agar kita tidak hanya menjadi generasi muda bangsa yang cerdas, namun juga beriman, berakhlak mulia, dan bertanggung jawab. Kita harus menentukan pilihan kita sendiri, apa yang akan menjadi tujuan kita berkuliah selama beberapa tahun ke depan. Peganglah dengan teguh tujuan itu sebagai cambuk keberhasilan kita meraih impian.


Memenuhi tugas Keterampilan Interpersonal JSI ITS ‘13
Dosen : Achmad Halil Noor Ali

{ 11 comments... read them below or Comment }

Powered by Blogger.